7 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Waktu hamil, Moms pasti ingin memberi semua nutrisi paling baik untuk Si Kecil yang sedang tumbuh di perut Anda. Karena itu, Moms tentu konsumsi semua makanan kaya nutrisi yang baik untuk Anda serta janin. Satu diantara makanan yang diketahui baik untuk badan ialah madu.

Ya, si manis yang satu ini bukan sekedar enak, tetapi mempunyai banyak faedah. Tapi di sisi lain, ibu hamil banyak yang sangsi untuk konsumsi madu, sebab madu termasuk makanan mentah yang dapat memiliki kandungan bakteri.

Bolehkah Madu Dikonsumsi Ibu Hamil?

Keli Hawthorne, seseorang pakar nutrisi serta ahli diet, menjelaskan pada Baby Center jika madu aman dikonsumsi waktu hamil. Madu memang dapat memiliki kandungan bakteri, tetapi ini tidak membahayakan kandungan. Tetapi bagaimana dengan madu untuk bayi? Nah, beberapa ahli memang melarang pemberian madu untuk anak dibawah 12 bulan, sebab dapat terserang penyakit infant botulism yang bisa mengakibatkan kematian!

Umumnya madu yang di jual di market telah lewat proses pasteurisasi, dengan cara yang sama juga dengan proses pasteurisasi untuk susu. Berarti, madu dipanaskan di suhu 161 Fahrenheit sepanjang 15-30 detik, serta selekasnya didinginkan. Ini proses yang pas untuk memberantas bakteri yang bikin rugi.

Faedah Madu untuk Ibu Hamil

Seperti yang Moms tahu, madu benar-benar kaya nutrisi! Madu memiliki kandungan kalori, zat besi, magnesium, zinc, sodium, vitamin C, B6, serta banyak nutrisi penting yang lain yang bisa menolong pelihara kesehatan badan. Paling tidak ada 4 faedah madu untuk ibu hamil, yakni:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu ialah antibakterial serta anti-oksidan, ini tentunya baik untuk tingkatkan ketahanan badan. Madu baik untuk menyembuhkan cedera, memar, serta atau cedera bakar mudah.

2. Meredakan heartburn

Ibu hamil seringkali rasakan ngilu di ulu hati? Itu ialah heartburn, satu diantara keluhan yang benar-benar seringkali berlangsung pada ibu hamil, terutamanya yang telah masuk trimester akhir. Nah, madu dapat menolong menurunkan heartburn, sebab madu menetralkan asam lambung.

3. Mengurangi insomnia

Bukan rahasia , ibu hamil seringkali sulit tidur, khususnya bila perut Moms telah makin besar. Semua tempat tidur rasa-rasanya tidak ada yang nyaman, benar? Ini seringkali membuat bumil insomnia. Karena itu, mengonsumsi madu memberi tindakan hipnotis yang menolong Moms tidur lebih pulas. Mengonsumsi saja 1 sendok madu bersama dengan susu hangat sebelum tidur, ditanggung pulas deh, Moms!

4. Menyembuhkan batuk

Madu memiliki kandungan zat antivirus yang menantang virus nakal di badan, serta efisien menahan flu serta batuk juga. Butuh Moms tahu, madu ialah pencegah serta pereda batuk yang dapat dihandalkan!

5. Mengobati sakit tenggorokan

Tidak cuma batuk, madu efisien menyembuhkan sakit tenggorokan lho, Moms. Madu memiliki kandungan zat antibengkak yang baik untuk menantang sakit, iritasi, atau gatal di tenggorokan. Supaya lebih enak, buat teh hangat jahe yang dicampurkan madu. Wah, ini sich tentu enak sekali rasa-rasanya!

6. Mencegah sariawan

Riset sudah menunjukkan jika teratur konsumsi madu dapat kurangi perkembangan bakteri Helicobacter pylori, yang seringkali jadi pemicu sariawan.

7. Membasmi ketombe

Kehamilan membuat Moms memiliki masalah dengan kesehatan rambut serta kulit kepala? Madu jalan keluarnya! Kandungan antibakteri pada madu tidak cuma menurunkan sakit tenggorokan, dan juga efisien memberantas ketombe serta kulit kepala gatal. Triknya, aduk madu serta air hangat, oleskan ke kulit kepala sekalian diusap serta dipijat lembut, basuh bersih. Kerjakan tiap hari, 1x satu hari.

About the Author: tasbron

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *