Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri

Pemendagri mengadakan Bimtek atau diklat kepegawaian dengan sasaran seluruh orang yang berhubungan dengan kepegawaian. Baik pemangku kebijakan kepegawaian atau pun pegawai itu sendiri khususnya PNS (Pegawai Negeri SIpil). Penting bagi seorang PNS untuk mengikuti info Bimtek Pusdiklat Pemendagri untuk mengetahui semua info diklat yang dibutuhkan. Untuk Bimtek Kepegawaian materi yang diberikan juga khusus untuk kepegawaian, ini ulasannya.

5 Materi Yang Diberikan Dalam Bimtek Kepegawaian

PNS memang diharuskan selalu mengikuti pelatihan baik dalam bentuk Bimtek atau Diklat untuk terus meningkatkan kompetensi diri. Dalam info Bimtek Pusdiklat Pemendagri diketahui bahwa untuk diklat dan Bimtek kepegawaian diberikan materi khusus seperti di bawah ini:

1. Analisis Jabatan Bagi PNS

Analisis jabatan adalah sebuah proses adalah satu upaya pendayagunaan aparatur negara dengan menganalisa data dan fakta pada seorang pegawai. Untuk kemudian dianalisa apakah jabatannya sesuai dengan SDM yang menerimanya untuk mencapai kinerja yang maksimal. Seorang PNS memang sebaiknya mengikuti diklat atau Bimtek yang memaparkan materi Analisis Jabatan (Anjab) untuk memahaminya.

Untuk Bimtek dan diklat Anggap Saja diadakan pada bulan Maret sampai Agustus di sepuluh kota besar di Indonesia. Buka info Bimtek Pusdiklat Pemendagri untuk mengetahui tanggal dan lokasi pelaksanaan tiap bulannya.

2. Sistem Mutasi Kepegawaian

Seorang PNS tidak akan terlepas dari proses mutasi pegawai, apalagi jika statusnya adalah pegawai pemerintah pusat. Sistem mutasi ini sudah diatur dalam undang-undang tahun 2014 nomor 5, sehingga sebuah instansi pemerintahan berhak melakukan mutasi pegawai. Mutasi kepegawaian yang dilakukan harus sesuai dengan sistem yang berlaku di pemerintahan dan dilakukan secara objektif bukan subyektif semata.

Untuk memahami sistem mutasi pegawai bisa mengikuti Bimtek dan diklat dengan materi sistem mutasi kepegawaian. Semua materi sistem mutasi kepegawaian sudah termasuk di dalam Bimtek kepegawaian oleh Pusdiklat Pemendagri.

3. Standar Kompetensi Jabatan PNS

Memang hampir semua peraturan untuk PNS sudah diatur dalam aturan BKN sebagai badan yang bertanggung jawab pada pengadaan PNS. Peraturan kompetensi dibuat agar semua proses dalam kenaikan jabatan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan bukan secara subyektif. Dengan begitu ada dasar evaluasi bagi PNS saat ingin mengajukan diri untuk sebuah jenjang jabatan baru.

Untuk memantapkan pemahaman semua pegawai khususnya PNS maka Bimtek kepegawaian ini diadakan. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri terkait materi standar kompetensi jabatan masuk ke dalam materi Bimtek kepegawaian.

4. Penyusunan Analisis Beban Kerja (ABK)

Materi yang tidak kalah penting untuk seorang pegawai khususnya PNS adalah terkait penyusunan beban kerja. Saat ini PNS dikenal memiliki beban kerja yang tinggi namun tidak merata untuk setiap pegawai.

Nah, materi ini penting untuk mengevaluasi hal tersebut, menganalisa apakah beban kerja yang diberikan sesuai utnuk setiap pegawai. Dengan begitu pemangku kebijakan bisa menempatkan aparaturnya sesuai dengan kebutuhan dan beban kerja.

5. Sistem Penilaian Kinerja

Jangan dikira menjadi PNS bisa santai-santai, justru sebenarnya dalam lingkungan pemerintahan penilaian semakin ketat dilakukan. Setiap pegawai memiliki penilaian kinerja yang dibuat setiap tahunnya disesuaikan dengan SOP dan SKP pegawai. Apakah seorang PNS telah mencapai targetnya atau belum, semua ada di dalam materi kepegawaian.

Materi-materi yang diberikan memang sangat penting untuk seorang pegawai terutama PNS yang memang memiliki berbagai kriteria penilaian. Untuk mengetahui materi yang diberikan pada Bimtek secara lengkap bisa dilihat pada info Bimtek Pusdiklat Pemendagri. Jika dirasa sesuai dengan kebutuhan pekerjaan maka bisa mengikuti Bimtek atau diklat yang diadakan Pemendagri di lokasi sesuai domisili.

Semua profesi memiliki kompetensi yang harus dipenuhi oleh agar bisa melaksanakan tugas keprofesiannya dengan baik. Pemendagri memfasilitasi semua profesi yang ada di lingkungannya untuk selalu meningkatkan kompentensi profesinya. Upaya Pemendagri adalah dengan mengadakan Bimtek di Pemendagri yang bisa diikuti berbagai kalangan. Untuk itu penting mengetahui info Bimtek Pusdiklat Pemendagri agar tidak ketinggalan jadwalnya.

Info Jadwal Pelaksanaan Bimtek Pemendagri

Setiap tahun anggaran Bimtek atau Diklat Pemendagri diadakan dua kali pada semester pertama dan semester kedua pada satu tahun. Pada setiap bulannya diadakan sebanyak 4 kali Bimtek dan diklat selama dua hari dan pada hari yang sama akan diadakan pada 5 kota yang berbeda. Peserta bisa memilih jadwal sesuai dengan jadwalnya yang kosong dan tentu saja domisilinya.

Untuk mengetahui jadwal yang sesuai maka bisa membuka info Bimtek Pusdiklat Pemendagri yang memaparkan jadwal secara keseluruhan. Jadwal yang dipaparkan penuh selama setahun lengkap tanggal dan bulannya serta lokasinya. Untuk Info jadwal bisa langsung dilihat per bulannya seperti jadwal untuk semester pertama tahun 2019 lengkap dipaparkan jadwal dari Januari sampai dengan Juni.

Selanjutnya untuk semester kedua juga dipaparkan waktu pelaksanaan yang lengkap dan jelas yang dimulai bulan Juli sampai Desember. Peserta bisa melihat tanggal dan bulan pelaksanaan Diklat dan Bimtek Nasional yang diadakan untuk kemudian bisa request jadwal kepada penyelenggara. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri memang sangat penting bagi yang ingin meningkatkan kompetensi diri terkait profesinya.

Info Lokasi Pelaksanaan Bimtek Pemendagri

Selain info jadwal Bimtek Pusdiklat Pemendagri ada info yang tidak kalah penting yaitu info lokasi pelaksanaan Bimtek. Dengan mengetahui info lokasi ini, maka akan lebih mudah menentukan pilihan kapan dan dimana ingin mengikuti Bimtek. Bimtek diadakan di beberapa kota berikut:

  • Jakarta: Bimtek diadakan di tiga hotel ternama yang berada di sana yaitu Hotel Ibis Style, Hotel Oasis Amir dan Fave Hotel LTC GLodok.
  • Bandung: Bimtek di kota Bandung diadakan di satu hotel saja yaitu hotel Cemerlang Bandung, dengan alamat di jalan HOS Tjokroaminoto No 45 kota Bandung.
  • Bali: Di Pulau Bali Bimtek diadakan di Hotel Eden Kuta Bali, yang beralamat di Jalan Kartika Plaza No 42, Kuta.
  • Batam: Di Sumatera khususnya Batam Bimtek diadakan di Hotel Pacific Palace Batam, beralamat di Jalan Duyung Sei Jodoh, Batu Ampar, kota Batam.
  • Lombok: Bimtek di NTB diadakan di Hotel Bintang Senggigi Lombok, dengan alamat jalan Raya Senggigi, desa Batu Layar, Mataram, Batu Layar Lombok.
  • Makassar: Bimtek di Makasar dilakukan di Hotel Losari Beach Makassar, yang beralamat di jalan Penghibut No 10 kota Makasar.
  • Medan: Bimtek di Medan diadakan di Hotel Grand Antares Medan yang beralamat di Sisingamangaraja no 328, kota Medan.
  • Malang: Bimtek di Malang diadakan di hotel The 101 Malang OJ, yang beralamat di Dr Cipto no 11 Rampal Celaket, Koljen, kota Malang.
  • Surabaya: Untuk kota Pahlawan Bimtek diadakan di Hotel Quest Surabaya di jalan Ronggolawe no 27-29 WOnorejo, Tegalsari, kota Surabaya.
  • Yogyakarta: Bimtek di Jogja diadakan di Hotel Pesonna Malioboro Ygyakarta, jalan Gadean No 3 Ngupasana, Gondomanan kota Yogyakarta.

Pelaksanaan Bimtek Pemendagri hampir diadakan di semua kota besar di seluruh Indonesia, sehingga lebih mudah untuk diikuti. Peserta tinggal memilih lokasi pelaksanaan sesuai dengan domisili atau di lokasi yang paling dekat dengan domisilinya. Untuk itu ikuti terus info Bimtek Pusdiklat Pemendagri untuk mengetahui info jadwal dan lokasi paling update.

About the Author: tasbron

You might like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *